6 Aplikasi Pembantu Diet, Solusi Untuk Mencapai Berat Badan yang Ideal

Mencapai berat badan ideal dan menjalani gaya hidup sehat menjadi hal yang tidak mudah bagi banyak orang. Untuk menjaga konsistensi diet dan memastikan asupan nutrisi yang tepat, teknologi kini hadir membantu dengan berbagai aplikasi pembantu diet. Aplikasi ini memberikan solusi praktis untuk memantau pola makan, menghitung kalori, dan bahkan memberikan saran nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Dengan berbagai fitur yang dirancang untuk mempermudah perencanaan diet, seperti pencatatan makanan, pelacakan asupan air, dan program latihan, pengguna dapat menjalani diet dengan lebih terarah. Tak hanya itu, banyak dari aplikasi ini juga dilengkapi dengan jurnal kesehatan dan pengingat harian yang membantu menjaga konsistensi.

1. BodyFast: Intermittent Fasting

Aplikasi pembantu diet yang pertama adalah bodyfast. Kunci keberhasilan dari sebuah program diet adalah konsistensi, dan aplikasi ini dirancang untuk membantu mereka yang kesulitan dalam menjaga komitmen diet secara terus-menerus.

BodyFast telah diunduh oleh lebih dari 30 juta orang di seluruh dunia dan telah dinobatkan sebagai aplikasi kesehatan dan kebugaran terbaik di 41 negara. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa merancang program diet pribadi. Selain itu, BodyFast juga menyediakan lebih dari seratus resep makanan yang bisa digunakan untuk mendukung program dietmu.

2. Fitbit

Fitbit adalah aplikasi yang didedikasikan untuk mereka yang ingin memulai gaya hidup sehat. Melalui aplikasi ini, pengguna bisa merancang program diet sendiri dan memastikan asupan nutrisi yang tepat dengan memantau jumlah kalori yang pengguna konsumsi.

Tidak hanya soal diet, aplikasi ini juga menawarkan fitur untuk melakukan olahraga di rumah, mengelola tingkat stres, dan menjaga kualitas tidur tetap optimal.

3. Calorie Counter by Lose It!

Ingin memulai gaya hidup sehat dan mencapai tubuh yang ideal? Aplikasi ini bisa menjadi langkah awal yang tepat.

Lose It! memudahkanmu untuk melacak jumlah kalori yang pengguna konsumsi, yang sangat membantu dalam menjalankan program diet seperti diet keto, vegan, dan lainnya. Dengan fitur unggulannya, pengguna bahkan bisa memperkirakan kalori dari makanan hanya dengan memotret makananmu.

4. Nutrilio: Food Tracker and Water

Nutrilio adalah aplikasi yang sangat membantu untuk mendukung program dietmu. Dengan fitur utamanya sebagai pencatat makanan, Nutrilio memungkinkanmu melacak apa yang pengguna konsumsi, baik makanan maupun minuman, dan memahami bagaimana dampaknya terhadap tubuhmu.

Lebih dari itu, aplikasi ini memungkinkanmu mencatat gejala alergi, perubahan suasana hati, serta apa saja yang pengguna konsumsi melalui jurnal harian. Pengguna juga dapat menemukan tips kesehatan menarik yang disediakan untuk menunjang gaya hidup sehat.

5. Fita

Fita adalah aplikasi diet karya lokal Indonesia yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan kesehatan. Aplikasi ini menawarkan berbagai program kesehatan dan olahraga yang bisa disesuaikan dengan preferensi pribadi.

Untuk mendukung pola hidup sehat, Fita dilengkapi fitur-fitur seperti pencatatan makanan dan kalorinya sesuai dengan makanan favorit khas Indonesia. Selain itu, pengguna juga dapat memonitor konsumsi air minum dan aktivitas olahraga dengan mudah melalui aplikasi ini.

6. Unimeal: Healthy Diet & Workouts

Aplikasi pembantu diet yang terakhir adalah Unimeal: Healthy Diet & Workouts. Unimeal adalah aplikasi diet yang berbasis pada riset dari National Center for Biotechnology Information (NCBI) dan US Department of Health and Human Services.

Aplikasi ini memudahkan mengatur pola makan sesuai dengan preferensi dan kebutuhan nutrisi. Unimeal juga memudahkan untuk melacak progres diet serta aktivitas sehari-hari. Selain itu, pengguna dapat belajar banyak mengenai diet, nutrisi, kesehatan, dan olahraga langsung dari para ahli yang tersedia di aplikasi ini.

Demikianlah penjelasan mengenai aplikasi pembantu diet. Pada penjelasan di atas tadi terdapat enam aplikasi pembantu diet. Bagi yang sedang menjalani program diet maka bisa gunakan salah satu aplikasi yang ada di atas tadi.

Leave a Comment